SAMBUTAN DEKAN ACARA YUDISIUM FAK. SYARI’AH IAIN BENGKULU



SAMBUTAN DEKAN
ACARA YUDISIUM FAK. SYARI’AH IAIN BENGKULU

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
ALHAMDULILAHIRABBILAALAMIN, ASSALATUWASSALA MU’ALA ASHRAFIL AMBIAYA’ WAL MURSALIIN WA’ALA ALIHI WASABBIHI AJJMAIIN.

Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta. Semoga salawat serta keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia. Berserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya. Amiin.

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti–hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.
Yang terhormat: Bapak Rektor, Bapak Prof. Dr. H. Sirajuddin, M. AG., MH., Para Wakil Rektor I, Para Dekan di lingkungan IAIN Bengkulu, Direktur Pasca IAIN Bengkulu, Bapak Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua-2 Prodi dan Para Dosen, Para Kepala Lembaga Bagian di Lingkungan, Para Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Syari’ah IAIN Bengkulu, Para Wali dan Orang Tua Mahasiswa, hadirin para undangan yang berbahagia dan khusus  Anak-anaku peserta yudisium yang saya banggakan dan saya kasihi.
Pada hari ini selasa 15 Maret 2016,  kita patut mengucap syukur ke hadapan Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang karena kita dapat melangsungkan acara hari ini dalam keadaan baik, walaupun disana sisni masih ada kekurangan dan kesalahan.
Acara hari ini adalah Yudisium, ke-IV periode Maret 2016, sejak berubahnya status STAIN Bengkulu menjadi IAIN dan merupakan Yudisium Ke-I setelah terbentuknya Fakultas Syari’ah dan Hukum yang tidak ada lagi embel-embel Ekonomi Islam, dan Ekonomi Islam telah Eksis dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Yudisium yang bermakna: pengukuhan kelulusan seorang mahasiswa yang dianggap telah memenuhi syarat kelulusan pada suatu program studi, sebagaimana ditetapkan dalam Pedoman Akademik IAIN Bengkulu dan peraturan-peraturan lainnya.
Kegiatan Yudisium dapat menjadi indikator bahwa saudara-saudara para mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Bengkulu telah menyelesaikan pendidikan jenjang Strata 1 (Sarjana), dan berhak menyandang Gelar S. HI.  
Secara Keseluruhan Mahasiswa yang dinyatakan Lulus telah melampaui indicator Rata-rata pada semester ini, terdiri dari:   Yang mendaftar Ujian Skripsi  25 Skripsi.  Lulus Ujian Skripsi 23 orang.
Dengan Rincian sebagai berikut: Prodi Akhwal Al-Syaksiyah, 15 Orang, Muamalah 6 Orang, HTN (Siyasah) 2 Orang, sedangkan Program Studi Zakat dan Wakap belum meyudisium, karena sampai saat ini baru memasuki semester VI, InsyaAllah, pada wisudah periode September-Oktober 2016, yang akan datang ada yang bisa diwisudah. IPK Tertinggi, 3,85 dan Predikat Cumlaud (Nyaris Sempurna),  sedangkan yang terendah  IPK 2,63, masa studi tercepat 3, 6 bulan dan yang terlama 10  semester atau 5 tahun
Artinya, Ada tingkat capaian Mahasiswa untuk menjadi Sarjana semakin baik, karena menurut catatan kami baru kali ini Fakultas Syari’ah meluluskan sarjananya tercepat kurang lebih 7 Semester, dan mahasiswa kami yang kelulusannya tercepat tersebut juga mempunyai soft skills tamabahn yang lain dan dapat memotivasi saudara-saudaranya yang masih menempuh kuliah di Fakultas Syari’ah IAIN Bengkulu. Namanya Muhammad Syahwalan, S. HI, Lahir 17 Maret 1994, (memang orang yang lahir bulan Maret nampaknya bekerja keras untuk sukses, lahir Februari=seniman, Januari=Penagih Hutang, berdasarkan sensus Pusat Statistik di Inggris),  Prodi HTN/Siyasah, nama kerenya di sosmed Muhammad Alan Toenk, Delegasi Indonesia, Mobility Program Perth Australia 2016, KKN Thailand 2015, Peserta International Conference ELLTA di Penang, Malaysia 2014, aktip di BEM, dan Hima Prodi kalau pretasi lokal tidak bisa disebutkan satu-persatu disini tetapi beberapa hari yang lalu beliau menjadi nara sumber di Economic English Club Bengkulu University, ini sekelumit dan profil lulusan Fakultas Syari’ah IAIN Bengkulu, dan menurut saya beliau sangat wajar menjadi Mahasiswa terbaik Fakultas bahkan di Tingkat Institut, walaupun kami tahu masih ada gesekan-gesekan yang di luar nalar ingin menggeser yang bersangkutan untuk tdk menjadi yang terbaik di Tingkat Institut, bagi kami sebagai orang syari’ah satu saja tegakan aturan dengan penuh kepastian dan keadilan.
Pada Kesempatan ini Ijinkan saya mengatas-namakan keluarga besar Fakultas Syariah  mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta yudisium  karena telah menyelesaikan studi dengan baik. Kami berharap ijazah kesarjanaan anda tertulis dalam raga anda menjadi  soft-skills untuk membentuk mental baja dan insan yang memiliki integritas mulia di tengah pergolakan dunia yang semakin ketat ini, dan saudara-saudara tetap istiqomah menegakan kebenaran dan kejujuran dengan nilai-nilai keadilan yang Islami, sebgaimana seoarang sarjana Hukum Islam. Oleh karena itu sebagai seoarang yang mengerti hukum, maka saudara juga harus menjaga nilai-nilai dasar keislaman, sungguh Ironis jika seseorang menyandang gelar Sarjan Hukum Islam tetapi tidak megetahui apalagi memahami bahwa ada 450 ayat yang berkaitan langsung dengan hukum di dalam Al-Quran dan ribuan hadist,  karena masih ada di antara mahasiswa teman saudara tidak memahaminya karena tidak bisa membaca Al-Qur’an.
Fakultas Syari’ah punya tanggung jawab untuk itu, melalui program yang dikoordinir langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan sesuai amanah Keputusan Senata IAIN Bengkulu dan telah kami tindaklanjuti dengan rapat pimpinan Fakultas dan juga telah disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika, Fakultas syariah untuk mengadakan pembiasaan mengaji pada awal masuk jam perkulihan sekitar 10-15 menit dan program khusus dengan mengalokasikan waktu dari pukul 11.40 s.d 13.00 setiap hari perkuliahan untuk belajar mengaji dan shalat berjamaah di mesjid, progam ini dimulai semester ini, di samping program-program lain untuk menambah Soft skills dan kemandirian mahasiswa, sesuai dengan Visi dan Misi Fakultas bahkan Institut, yakini "UNGGUL DALM STUDI KEISLAMAN, SAINS DAN KEWIRAUSAHAAN" misi ini kita terjemahkan dalam bentuk kegiatan seperti, pada bulan ini atau paling lambat awal April Mahasiswa fakultas Syari’ah akan melounching pendirian Koperasi Mahasiswa Karya Usaha Mandiri, ini sudah dimusyawarahkan di tingkat pimpinan fakultas dan seluruh Perwakilan Mahasiswa di setiap Prodi dan tingkatannya. Dan Fakultas Syari’ah juga punya rencana besar dalam menghadapi era globalisasi, MEA dan persaingan Internasional dibidang SDM, bercita-cita ingin membuka kelas Internasional dan pada tahap awal ini dengan berbagai pertimbangan dan analisis di fokuskan untuk Prodi Akhwal Al-Syaksiyah, proposalnya sudah di Tingkat Pimpinan Institut, kita berdo’a semoga dapat terlaksana.
Sedangkan kegiatan, kegiatan yang khas dunia kampus, seperti seminar, bedah buku, diskusi-diskusi, tetap akan kita upayakan dengan bekerja sama dengan mitra-mitra kita diluar dan dukungan spnsor, karena tahun ini untuk program-program yang secara rutin kita laksanakan tidak bisa dilaksanakan melalui DIPA IAIN Tahun Anggaran 2016, seperti Debat Hukum, Lomba Pidato Ilmiah bidang hukum, Lomba Peradilan semu,  BKMTD, dan Dekan Cup, belum bisa dilaksanakan tahun ini, mengingat anggaran sangat terbatas, maka semua usulan tersebut belum bisa dipenuhi oleh pihak Institut, termasuk rencana untuk meningkatkan status akreditasi Prodi HTN (siyasah) yang tahun ini sudah ada alumninya.
Bapak Rektor dan Hadirin yang kami hormati
Pesan saya dan kami semua kepada peserta yudisium bahwa, darma bakti anda telah  di tunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara, jangan pernah berhenti untuk belajar karena sumber belajar tidak hanya dari dosen dan kampus saja tetapi dari segala persoalan, kesukaran, lingkungan sekitar, juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan anda.
Dan Kami mohon pada kesempatan ini, kiranya bapak Rektor memberikan pengarahan bagi kita semua.
Demikan, terima kasih atas perhatinyanya mohon maaf atas segala kekurangannya
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

                                                Bengkulu, 15 Maret 2016
                                                Dekan,

                                                Dr. Imam Mahdi, SH., MH
                                                NIP. 196503071989031005


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Rakyat "NAGE DEDAUP" Bg.-19

DAFTAR PUSTAKA